Komunitas Aikido Kota Malang

Shizen Dojo Malang :: Dojo Aikido di bawah naungan Yayasan Indonesia Aikikai (YIA)

Mengapa Saya Pilih Aikido?

Posted by shizendojomalang on May 5, 2006

Di sini Anda dapat menulis pendapat dan opini Anda tentang mengapa saya tertarik dengan AIKIDO.

41 Responses to “Mengapa Saya Pilih Aikido?”

  1. hengky lesmana said

    kalo saya pengen olahraga yang gak ngoyo, gak ngos-ngosan, punya filosofi, en ada manfaatnya. Yang penting bisa melakukan peregangan oto2 dan sendi, rileks, enjoy dan keluar keringat. hal penting yang kudapat disini adalah blajar menjadi wong sabar dan rileks. satu lagi: “blajar harmonisasi pikiran, spirit dan gerak seluruh tubuh dengan rileks”. cukup sulit tekniknya dan butuh waktu lama untuk menyatu & manguasainya, tapi SANGAT MENGASYIIKAAN!!. memang tidak mudah untuk mendapatkan sesuatu yang berharga. gud lak 4 us!!

  2. Yohan said

    Mengapa pilih aikido?…..Santai sih latihannya hehehehehe.Dulu aku pernah ikut beladiri tiiiiit (sensor),bikin capek.Bukannya aku ga kuat capeknya,tapi ga ngerasa “enjoy”. Ketika masuk aikido dojo,aku ngerasa enjoy banget.Berlatih aikido bukan cuma latihan fisik yang bertujuan menguatkan badan,tapi pikiran juga dilatih demi perbaikan jiwa dan raga. Aikido penuh dengan filosofi yang bisa diterapkan sehari-hari.Kelompok beladiri lain yang aku tahu sering kali melupakan unsur filosofi ini.Akibatnya latihan menjadi physical banget…dan buat aku itu ga ada artinya. Yang terakhir,di aikido juga penuh persaudaraan.Sudah beberapa kali aku latihan di dojo yang berbeda. Suasananya nyaman dan asik. Bisa bercanda, tenang, sehat, nambah teman, dan tetap mendapatkan sesuatu untuk dipelajarari dan memperkaya hidup. Banyak orang bilang aikido itu susah…emang sih…tapi itulah yang bikin aku penasaran bahkan ketagihan belajar aikido. Tunggu apa lagi?! Ayo ikutan belajar aikido!!!

  3. Firman said

    Mengapa ya?lho koq nanya balik?:) Kalo aq sebenarnya suka dengan berbagai jenis bela diri, baik itu lokal maupun impor,tp setelah berkenalan dengan aikido aq merasa menemukan sesuatu yang unik dan istimewa dlm aikido yg belum kutemukan pada bela diri lain yg pernah kupelajari. Aq sangat suka dengan prinsipnya yang alami dan tidak destruktif, begitu jg dgn filosofinya yg kalo dihayati dpt memberikan suatu wawasan dan membentuk cara pandang yg berbeda thd penyelesaian suatu problem. Dlm latihan aikido tidak ada unsur pemaksaan fisik untuk melakukan hal2 yg berada diluar batas kemampuan tubuh, shg aq melakukan teknik dgn enjoy dan tanpa beban. Setelah bbrp lama berlatih,aq merasa secara fisik dan pikiran menjadi lebih rileks (tp msh dlm proses). Meskipun byk teknik yg rumit shg hrs sabar u/ menguasainya dan meski kdg2 bosan,tp hrs terus dilatih agar membentuk harmonisasi antara pikiran,tubuh dan spirit dlm melakukan teknik. Dan hal lainnya dlm aikido kulihat dpt membangun semangat, membentuk karakter dan mental yg sabar & tenang, serta membuat hidup leebih hidup …🙂 Viva Aikido

  4. Fariandy.S said

    kenapa saya memilih aikido, karena aikido adalah seni bela diri yang mampu membina diri saya menjadi laki-laki yang percaya diri,tidak hanya itu saya tertarik pada disiplin dan filosofi yang diciptakan oleh Bpk Murihai, pokoknya saya menikmati bela diri aikido….

  5. FRANS said

    Tanya Kenapaaaa??? Begitu kata salah satu iklan Rokok di TV…
    Kenapa Ya? Saya juga bingung tuch..sampai saya memilih Aikido, dan sampai sekarang ini masih selalu cinta dan tetap setia beladiri yang satu ini.
    Kemungkinan Alasan utama saya adalah karena dulunya saya sangat penasaran sekali dengan beladiri yang satu ini,dan setelah belajar saya merasa sangat sulit untuk menguasainya,karena itu saya memiliki tekad untuk terus belajar sampai saya dapat memahami dan menemukan makna dan tujuan sebenarnya dari mempelajari Aikido itu sendiri yaitu Adanya Pencapaian keselarasan antara jasmani dan rohani,seiring dengan berjalannya waktu sedikit demi sedikit saya dapat merasakan manfaatnya walaupun sedikit demi sedikit(kan lama-lama jadi bukit :p), Dan yang saya rasakan semakin lama saya belajar Aikido maka semakin banyak yang saya tidak paham alias Bodoh.(Gitu Ceritanya…)
    Sehingga tidak ada kata berhenti untuk mempelajari Aikido sampai kapanpun walaupun terkadang sangat membosankan.(Bukan begitu…)
    Itulah Alasan utama saya kenapa Saya memilih Aikido…
    Ok Sekian Dulu Dan Tetap Semangat!!! Banzaiii…

  6. ki gundul said

    aku suka karena aku cocok and latihannya menyenangkan, tanpa harus ada darah yang keluar, tanpa harus pulang dengan rasa sakit berlebih, akusuka karena banyak iklan berseliweran

  7. Indra Arif said

    Sy jatuh cinta pada kuncian pertama…her name is nikyo.
    Thanks to Seagal sensei for inspired me by his movies..and surely thanks to O sensei..(Morehei Ueshiba) yang mau mencerahkan teknik yang dulunya kejam ini mjd teknik yang paling realistis and logis utk diterapkan dijaman sekarang ini..serta mau menyebarkannya. Domo Arigato Ghozaimaste..Keep turning guys..(Dojo Cho.2006)

  8. Hideyoshi said

    saya suka aikido karena bela diri samurai😀

    mungkin itu awalnya.

    tp kemudian saya belajar, dan saya akhirnya menemukan bahwa aikido itu sangat menyenangkan, dan juga kadang mengesalkan (sering di marahi sensei, soalnya ga bisa2).

    kl boleh di bilang, saya suka aikido karena saya suka segala sesuatu tentang samurai, dan budo/bujutsu.

    banzai!!

    salam dari rekan sesama “orang yang belajar aikido” dr Chatalina Dojo (IAI MALANG)

    ps. boleh ga ikut latihan bareng?😀

  9. edi said

    yang pasti bisa bikin tubuh n pikiran makin rileks aja.nda yakin??gabung aja ntar kerasa bener manfaatnya.

  10. Reiki Zen said

    KI adalah alasan utama berlatih aikido. Susah juga awalnya untuk memahami apalagi untuk melatihnya. Dengan KI gerakan selembut apapun akan menghasilkan kekuatan yang dasyat. Salam dari Teman2 MAC (Malang Aikido Club), Tetap latihan guy..untuk mencapai keselarasan sejati! Thank atas latihan bareng Sempai Yohan, Yuna. Salam Hangat Aikidoka

  11. #8 #10 : Salam hangat dari Komunitas Shizen Dojo Malang.
    Terima kasih sudah berkunjung ke sini. Keep contact.
    Silahkan buat semua rekan-rekan aikidoka malang untuk datang dan latihan bersama kami, dengan senang hati tentunya.
    Maju terus Aikidoka Malang!

  12. lala said

    #salam kenal#
    pada awalnya ku kira aikido seperti beladiri pada umumnya tapi ada seorang aidokan yang sedikit ngasih gambaran tentang aikido dan ngajarin beberapa teknik sederhana dalam aikido. emang belum mahir, maklum itu juga hanya sekedar gerakan belum sampai pada pemahaman tentang aikido itu sendiri. karena penasaran aku nyari informasi lebih tentang aikido. subkhanallah… filosofinya bagussss banget apalagi kalo belajar langsung dari ahlinya
    cuma dojo di kota pekalongan ada g ya…?
    kalo ada dimana?
    boleh dong ikut dalam komunitas aikidokan

  13. #12 : salam kenal lala. Selamat datang di komunitas aikido kota malang. Silahkan jika ingin berpartisipasi memberikan masukan, kritik, saran atau artikel yang bermanfaat di situs ini. Caranya lihat menu di atas ya.
    Untuk Pekalongan, belum ada informasi resmi tentang dojo aikido di sana.

  14. juna said

    salam kenal,nama saya juna.
    saya udah lama cari beladiri aikido tapi kok ngga ketemu ya.
    tolong dong kasih informasinya supaya saya bisa latihan aikido.
    pesan saya buat shizen mania,TERUSLAH BERLATIH JANGAN BOSEN2,JANGAN PATAH SEMANGAT.

  15. juna said

    Mengapa saya pilih aikido? ya karena saya cinta aikido.
    1.santay.
    2.ingin mencoba ilmu baru.
    3.banyak teman
    4.banyak guyon
    5.sering nongkrong sebelum dan setelah latihan
    6.tekniknya aneh,bikin penasaran dan tak jarang membuat orang menjadi gila karena ingin mencoba kembali setelah latihan,karena rumitnya teknik aikido.
    7.filosofinya sangat bagus
    8.sering minum stmj setelah latihan.
    Segitu aja,end matur suwon.

  16. #14 alias #15 : Sugeng rawuh, kang juna.
    “salam kenal,nama saya juna.
    saya udah lama cari beladiri aikido tapi kok ngga ketemu ya.”
    MAKSUD LOH??🙂
    apa perlu ditampilin wajah kang juna yang sebenarnya di web ini? Woii, penontoon, perlu diketahui bahwa kang juna ini adalah salah satu perintis shizen dojo malang loh. tapi sekarang udah dinas di kalimantan nun jauh di mato.

    but, thank u keep contact with us.
    Ojo kuatir kita tetep smangat latian yang penting saling support, OKAY BRO!

  17. juna said

    waduh di sini ngga ada aikido.
    jadi kangen pingin latian.
    kalo pingin latihan hanya ada di angan2 saja.
    dan gerakannya pun hanya ada di angan2, (SAKNOE REK).
    bagaimana aikido? apakah sudah banyak yang daftar?
    OK,SEMANGAT BWT DOJO SHIZEN & SALAM BWT SHIZEN MANIA.

  18. hengky lesmana said

    #17: asli sakwakene, rek! latian pake angan-angan? wow!! jadilah legenda aliran aikido tanpa bentuk, hakhakhak… btw, mas frans ada di malang sebulanan ini.

  19. Yoyok said

    oke

  20. baz said

    #slam knal#
    mengapa aq milih aikido? tanya ken apa?(just kidding bro)

    aq milih aikido alx aq p’nah blajar bladiri wktu aq msih SD n alhasil al nonjokin smua tmenq yang da d’ klas trus akhirnya aq d’skors slama 3hri. Ksimpulanx bladiri yg pnah aq ikutin sblmx g’ ngjarin kdisiplinan.

  21. Firman said

    Wah dik Baz ini ada2 aja, hasil latihannya jgn buat ngejahilin teman2nya sendiri donk, hehehe…
    Nanti setelah berlatih aikido mudah2an bs mendpt pencerahan ya hehehe…
    Dalam aikido secara filosofis dpt membentuk karakter mental yg cinta damai, berhati lembut tp tegas. Setelah mengalami bgm rasanya jatuh, dikunci, dan lain2nya dalam proses latihan, maka dlm diri akan timbul perasaan utk tdk ingin menyakiti orang lain, krn kita tdk ingin disakiti jg oleh org lain, hehehe.. dan nikmati aja proses latihannya.
    And kalo dah mulai latian aikido, tetap kontinue ya, krn dalam latihan bela diri yg dibutuhkan adalah kesabaran dan sikap rendah hati.

  22. baz said

    tHanK’s Yah dAh mO bLs

  23. Jimmy said

    Tadinya gara-gara kebanyakan nonton Stevan segal, trus jadi pengen bisa membanting dan menghajar seperti itu, ternyata setelah ikut Aikido semuanya terbalik 180 derajat, belajar Aikido mengajarkan kita untuk jadi lebih sabar, penyayang dan mencintai sesama, belajar Aikido artinya menjadi satu, harmoni dengan alam semesta, dengan sesama mahluk hidup, termasuk sesama manusia. Dengan kata lain, buat aku Aikido membawa pencerahan untuk menjadi manusia yang lebih baik untuk diri sendiri dan sesama mahluk hidup yuang lain.
    Semangat terus, latian terus, abis latian jangan lupa, ngopiiiii bareeeeeng,…..!!!!!

  24. wiwid said

    trims bwat kakak yohan, yuk latihan bareng. salam bwat keluarga shizen.

  25. umam said

    aku berniat ikutan Aikido

  26. tie_tien said

    hmm,

    aku sempet ikut aikido di bogor, n buat aku… AIKIDO asyik!!!
    sayangna aku sekarang da di surabaya, n aku mo lanjutin ini.

  27. shizenia said

    Salam kenal tie_tien. Enjoy it!

  28. aikido? bikin tenang lahir batin, hehe

  29. Dio said

    Salam kenal,
    Mengapa aikido berkembang pesat sekali ? Mari kita cermati latar belakang yg ada. Coba diamati di mana lokasi dojo-dojo berada. Lingkungan perguruan tinggi (sekolah), perusahaan (yg relative besar), instansi pemerintah, pemukiman yg relative elit, kira-kira begitu. Coba diamati pesertanya, umumnya dr kalangan terdidik dan menegah ke atas.Menegah ke atas? Hal ini bisa dilihat dg asumsi biaya/ iuran yg relative besar, hasil pemantauan saya di Jakarta 100-300rb per bulan (kelas regular / non private), kecuali UKM di universitas (tp ini umumnya tertutup untuk umum). Sebagai bahan perbandingan untuk ilmu beladiri lain yg sama-sama mengeluarkan biaya sewa gedung kisarannya 20-50rb per bulan.

    Berdasarkan 2 variabel tadi, terdidik dan tingkat ekonomi menengah-atas. Pola pikir segmentasi ini, sesuatu harus logis, sesuatu harus masuk di akal, sesuatu harus praktis, sesuatu harus memberi efek nyata. Tetapi harus diingat mereka tidak menghadapi ancaman secara nyata dalam kesehariannya ( sudah relative merasa save/ secure). Jadi bentuk beladiri yg latihanya ngoyo (keras), sampai pegal-pegal atau bengkak-bengkak apalagi sampai berdarah-darah menjadi sesuatu yg tidak masuk akal. Dikepala meraka akan timbul pikiran, ketemu penjahat setahun sekali belum tentu tapi bonyok dah berkali-kali. Jika segmentasi ini disuguhi demo mematahkan kikir, atau mengupas kelapa dg gigi. Saya yakin di kepala mereka timbul pertanyaan buat apa ? Pada segmen ini juga kurang senang bila diadu-adu, mereka akan berpikir saya bukan ayam sabung. Saya tidak suka jika disabung.

    Dengan uraian tadi aikido yang paling bisa memenuhi kebutuhan segmentasi terdidik dan menegah-atas. Mungkin kalau bahasa saya tidak terlalu bombastis, aikido merupakan cikal bakal beladiri masa depan. Peacefull way ! Memberi efek damai dan percaya diri pada pelakunya secara nyata. Mohon maaf kalau pengamatan dan kesimpulan saya ada yg salah atau luput.

  30. ninux said

    Salam kenal juga Dio,
    Mantaf, argumennya ! Kok saya ga kepikiran sampai ke sana ya ? Saya pikir” byk betulnya. Dio, sosiolog ya ? Lat di dojo mana ? Sudah Sensei ? Wah, berarti saya sudah di jalan yg benar dong!he..he..he..

  31. Can You Look At THis?I think This Is One Of My Favorites

  32. handoko said

    sebelum saya ikut aikido, saya sangat suka sekali bertarung, dan suka sekali menantang lawan. tapi sejak berlatih aikido, perasaan yang begitu menggebu dapat saya redam, dan menjadi orang yang sabar dan suka kedamaian. saya rasa kita harus mulai mengajarkan ini pada anak2 yang masih kecil, seperti saat saya di semarang, karena disana kita buka kelas untuk anak mulai 6 tahun. dan hasilnya lumayan juga. ide ini kami dapat dari Minegishi Sensei dari Guam-Jepang.(lihat di http://www.guamaikikai.org)

  33. Cealfinz said

    klsabuk Putih AIKIDO naik tingkat keCoklat b’rapa thn😉

  34. equarlyPabyaquanda said

    xcqhvwotrjpwkhvhwell, hi admin adn people nice forum indeed. how’s life? hope it’s introduce branch😉

  35. frenky said

    ZJmsDW http://gdjI3b7VaWpU1m0dGpvjRrcu9Fk.com

  36. aliy shahid said

    aku pingin belajar aikido di pekalongan kok ga buka cabang?

  37. hasan bisri said

    kayanya banyak nih peminat aikido di pekalongan, semoga para sensei bisa menyempatkan waktu untuk bisa mengajar di pekalongan, mengenai tempat… nanti di carikan🙂

  38. suhermy said

    tadinya ingin mengulang jujitsu yg pernah saya ikuti,tp ditempat tinggal saya tidak ketemu dojonya…hehe.awalnya sih daripada nggak olahraga,trpaksa ikut aikido yg dekat dgn domisili.motifasi awal ikut beladiri untuk olahraga dan sedikit pegangan.tetapi setelah mengikuti latihan aikido ada kecocokan dgn hati.usia saya 33,dibanding latihan yg lain ini lebih cocok dgn usia saya.tp bukan berarti ini ringan loh,awal2 latihan lumayan juga saya terasa mual ingin muntah…hehe tp jgn bilang ini berat yah.!

  39. werog turu said

    Please dong di pekalongan ada…..

  40. Yohan said

    Maaf werog turu…belum bisa buka di pekalongan. tidak cukup tenaga pelatih. kecuali jika ada personil yang latihan d Malang, setelah mencapai tingkat sabuk coklat terus pulang atau berdomisili di pekalongan.

  41. niko said

    Awalnya coba2.. Akhirnya terlanjur cinta….😀

Leave a Reply

 
