Komunitas Aikido Kota Malang

Shizen Dojo Malang :: Dojo Aikido di bawah naungan Yayasan Indonesia Aikikai (YIA)

MENGENAL TEKNIK-TEKNIK AIKIDO

Posted by shizendojomalang on March 22, 2006

Disarikan Oleh : Shizen Dojo Malang


o-sensei
Teknik-teknik Aikido sebagai beladiri perkelahian cepat dan jarak dekat (close combat) banyak dipengaruhi oleh :

  • Teknik Bantingan Judo Kodokan Jigoro Kano
  • Teknik Kuncian Jujutsu gaya Sokaku Takeda (Bapak Jujutsu)
  • Teknik Pedang (Kenjutsu), dan
  • Teknik Toya berpedang/ straight spear (Yarijutsu)

Pada umumnya Aikido tidak menggunakan tendangan kaki, tapi dalam hal-hal yang sangat khusus, teknik kaki (ashi waza), juga diajarkan. Inipun dengan catatan pada Aikidoka tingkat Dan keatas. Di Indonesia, ashi waza nyaris tidak diadakan.

Aikido cocok untuk perkelahian ruangan sempit maupun melawan beberapa penyerang (multiple attacker), dan dapat dipelajari oleh pria dan wanita segala umur. Untuk anak-anak minimal 10 tahun.

  • Teknik-teknik (waza) Aikido sebenarnya tergolong sederhana. Ada 2 (dua) hal pokok, yaitu
  • Nage waza (melempar/membanting/proyeksi) dan
  • Kihon waza (termasuk teknik kuncian/immobilisasi)
  • Di dalam Dojo, Aikido menggunakan 4 (empat) pola dasar latihan, yaitu
  • Tachi waza (teknik berdiri melawan berdiri),
  • Suwari waza (teknik duduk melawan duduk),
  • Hanmi handachi (teknik duduk melawan berdiri), dan
  • Kaeshi waza (melakukan teknik dengan membuka serangan sebagai pancingan).

Dalam pelatihan, Aikido lebih mengutamakan keadaan badan yang rileks, mengendur. Dalam pengertian rileks sangat berbeda dengan lembek. Rileks, adalah energi yang terpusat dan terkontrol. Jadi, mempelajari Aikido adalah membiasakan kondisi badan selalu dalam keadaan rileks. Badan dan otot-ototnya yang sudah terkondisi dalam keadaan mengendur rileks ini akan terbawa dalam kehidupan sehari-hari. Kondisi seperti ini akan menghasilkan suasana psikologi yang positif. Pikiran dan badan akan dalam keadaan rileks dan sadar.

Sebagai contoh adalah ketika anda pertama kali pergi ke dokter gigi. Saat anda duduk di kursi dokter gigi dan dokter gigi anda berkata, rileks saja! Kemudian anda mengendurkan otot-otot badan secara otomatis. Dengan badan beserta otot-otot yang mengendur secara terkontrol akan menimbulkan rasa nyaman, menurunkan temperatur emosi.

Keadaan rileks pun dapat dijumpai pada aktifitas yoga, hypnotheraphy, bahkan meditasi sekalipun, selalu ditekankan pada kondisi rileks total untuk mencapai keadaan alpha.

100 Responses to “MENGENAL TEKNIK-TEKNIK AIKIDO”

  1. dudy said

    Aku gak pernah belajar beladiri tapi aku pengen banget belajar aikido,mungkin gak? Usiaku udah 29 tahun.

  2. hengky lesmana said

    #1: tenang saja, tidak ada kata terlambat untuk belajar. termasuk belajar aikido. dimana ada ketekunan dan keseriusan, insya allah pasti ada keberhasilan. kembali pada kadar diri masing-masing untuk tetap sabar dan terus berlatih hingga saatnya keinginan itu tercapai. selamat datang di shizen dojo malang, silahkan mas dudy berkunjung ke dojo kami, lihat dan mulailah berlatih. tidak sedikit rekan-rekan aikidoka yang mulai berlatih di atas usia anda (29 thn).

  3. juna said

    apa kabar? boleh nimbrung ya?
    di aikido,semua umur bisa berlatih aikido.
    apakah itu anak kecil,orang dewasa,dan bahkan yang sudah tuapun bisa berlatih aikido.
    mengapa demikian,karena di aikido diajarkan dengan cara rileks,apakah itu teknik ataupun posisi badan.
    dan kalau mas dudy ingin ikut aikido,saran saya datang dan liat saja latihannya,kalau memang sudah mantap ingin ikut ya silahkan bergabung.
    menurut saya aikido gak ada matinya.He…100X

  4. baz said

    aq cewek 15th aq pengen banget blajar aikido gmna crax brgabung n paja syaratnya bwat brgabung?

    o y aq dah lama nyari dojo aikido dimlg smpai akhirx aq nmuin website ni thank’s

  5. Ediz said

    ada ngga sih buku panduan belajar aikido dalam bentuk gambar?

  6. Shun said

    nyoba nyawab neh, boleh ya :D

    @Baz, buka halaman ini deh
    https://shizendojomalang.wordpress.com/2007/11/26/woro-woro-buka-pendaftaran-anggota-baru/
    , ada alamat n cara daptarnya :)

    @Ediz, buku ada kok, cari aja d gramedia
    tp saya jamin belajar aikido lsg di DOJO jauh lebih baik..

  7. yudi said

    belajar aikido di dojo lebih baik gimana mas?..orang aku latihan ga ada yg mau sparing ama aku apalagi yg cewe..mungkin karena aku tinggi besar sangar menyeramkan ya?..so gimana solisinya neh?..aku lagi kalut bgt coz sebenarnya hasratku utk belajar aikido kuat sekali!!..apa bisa belajar teknik2nya dari buku aja?..thx b4

  8. shizenia said

    @yudi:

    aduh aduh… yang bener aja mosok gak ada yang mau sparing sama mas yudi? mungkin harus saling introspeksi, juga mas yudi lebih brusaha agar bisa membuat temen sparingnya nyaman dan dapat belajar dari mas yudi *saling mengambil pelajaran antara uke & nage*.
    Biasanya temen2 latihan akan lebih memilih kepada partner yang bisa diajak belajar, menghilangkan ego “lebih bisa”, dan saling memberitahu teknik yang benar dengan baik & santun.

    Tengkyu.

  9. yohan said

    Mas Yudi….saya tau rasanya punya sparing partner yang badannya gede.
    memang menyeramkan…tapi itu harusnya jadi tantangan tersendiri bagi orang yang belajar aikido.
    Kalo g ada yang mau jadi teman berlatih…mas Yudi minta partner-an ama senseinya aja…..dia pasti mau huehehehehe…

  10. Rizky said

    apakah ada cabang aikido di kota mataram NTB?
    karena saya benar2 ingin belajar akan aikido.

  11. dedy said

    Saya sangat tertarik dengan beladiri ini, semenjak SMA saya telah mengikuti beladiri pencak silat. Namun saya tertarik akido setelah menonton filmnya STEVEN SEAGALL.
    kLO Di Malag tempat latihannya dimana??
    setahuku dulu di jln. mayjen panjaitan, lupa ganga berpa <kok sekarang udah pindah

  12. dedy said

    KLO di daerah BLItar Ada gak Tmpt latihannya, thanks infonya!!!!!

  13. reza said

    kalo boleh tau, di bogor tempat latihan/ dojonya dimana aja sih???
    karna saya pengen latihan aikido nih…

    thanx b4

  14. didin said

    ada g cabang dojo aikido dmakassar???
    alnya pengen banget belajar!
    jadi penasaran apa bisa orang yang badannya lebih kecil bisa banting orang yang lebih besar???

  15. Adithya HC. said

    Saya mohon informasi dojo ai ki do yang ada di sekitar Jakarta Timur/ pondokgede. Saya sangat tertarik untuk mempelajari teknik dan seni beladiri ai ki do tapi bingung mendapatkan dojo yang dekat dari tempat tinggal saya. Terima kasih.

  16. Dio said

    to: Adithya HC

    Jak-Tim, Pd Gede ya ?
    Ada kok yg deket daerah anda, mudah-mudahan ini bisa bantu ya…

    Ruko Taman Galaxi blok G No 10 LT.2
    Kalimalang, Bekasi Selatan.Ada Ben’s Dojo,afiliasinya Kobayasi.Sensie Benny Agus.Latihan setiap hari, termasuk minggu. Deketkan dr pondok gede? Bisa lewat kalimalang ato pekayon.Ada kelas anak dan dewasa, kalao ga salah.

    Jl. Nirbaya No. 19, Rt. 16/03, Pinang Ranti – Makasar Jakarta Timur, ada KBAI (sensei Ferdiansyah).Latihan setiap sabtu-minggu.Afiliasi honbu aikido di Jepang.

    Dah, tinggal pilih mana yg pas dan sreg. Kedua sensei diatas termasuk produk generasi pertama aikido di Indonesia.Dengan kata lain mereka termasuk sesepuh aikido indonesia.
    Mudah-mudahan info ini bisa bantu dan selamat berlatih!

  17. Dandun Pranowo said

    mau nanya, saya tinggal di Magetan, ada gak ya disekitaran magetan atau madiun, thxs infony

  18. Ardan said

    Saya laki-laki yang baru ingin belajar aikido..apa masih bisa???sedangkan usai saya sudah 20 tahun!!!!!!apa ada cabang aikido d wilayah bekasi???

  19. Cealfinz said

    saya mau tanya. . .nih kl AIKIDO dari sabuk putih keCoklat b’rapa thn ;)

  20. Arif said

    Aku pingim tau…aikido itu ada berapa tingkatan ya n kira-kira butuh berapa tahun untuk ke tingkat paling atas?
    thankss

  21. A6un9 said

    Fantastis.

  22. bayu said

    duh,grogi banget…ntar malem hari pertama masuk aikido

  23. bayu said

    gimana biar ga grogi? cara pembalajarannya sulit ga si mas/mbak?

  24. desy said

    tolong dong,t4 latihannya Aikido di surabaya di mana c?thanks buat info na

  25. Dojo aikido di surabaya di bawah YIA belum ada, namun untuk informasi tempat dojo lainnya di surabaya, silahkan lihat di posting ‘daftar dojo’ di blog ini.

  26. Wahyu said

    mo nanya dong,tempat belajar aikido deket deket daerah cililitan dimana ya?
    kalo daerah deket2 kebon sirih dimana?
    minta infonya ya.
    kalo belum ada basic bela diri sebelumnya bisa ga ikut aikido?

  27. ava said

    Ak ce 16th d0misili smarang
    Pengenya si blajar aikido yg d d0j0 yg d pandanaran ato majapait
    Tp daftarnya gmana y?

  28. dany said

    salam,
    mohon info dojo di sekitar Mataram,NTB
    terima kasih

  29. broer said

    salam kenal semua…..

    ini postingan pertama saya disini, so terimakasih sebelumnya buat owner.
    sekedar informasi kalo mau latihan, trutama kawan2 aikidoka yang ada di NTB (sumbawa, taliwang, mataram, atau bima), bisa main-main latihan/cari keringat di sumbawa (dojo sumbawa besar) dibawah sensei azis (Dan III). Ada beberapa kawan juga di Mataram yang sering datang ke Sumbawa, walaupun ngga sering.
    jadwalnya latihan hari minggu/rabu (skitar pkl. 20.00 WITA) atau senin/kamis, jam yg sama. Tapi kalo ikut latihan, kaya’nya kawan2 mesti nginep di sumbawa (siapa tau kalo d yg mau ujian..)
    Hanya itu aja informasinya. Salam kenal tuk semua

    regards,…

  30. yohan said

    Untuk yang tanya info dojo:
    Saya sarankan kunjungi website Indonesia Aikikai
    search aja lewat yahoo..ketik indonesia aikikai
    Disana banyak info tentang dojo plus sensei yang mengajar.

    Semoga infonya memuaskan.

  31. Bambang said

    sekedar info:

    teknik tangan kosong Aikido merupakan intisari/gabungan dari:
    1. Aikijitsu Daito ryu — sokaku takeda.
    2. yagyu ryu jujutsu
    3. Tenjin shinyo ryu jujutsu

    teknik pedang yang pernah dipelajari O’sensei
    1. Katori shinto ryu kenjutsu
    2. Ono ha itto ryu kenjutsu

    juga beberapa “jutsu” lain yang sy kurang detil nama dan referensinya:
    1. yarijutsu
    2. batto/koppojutsu

    Namun saya ragu apakah O’sensei pernah belajar dibawah Jigoro Kano (kodokan Judo).
    kalau sekadar rumor, pernah sy dengar bahwa teknik jojutsu O’sensei berasal dari tokugakure ninjitsu, namun sejauh ini sy belum pernah menemukan referensinya yang bisa mengkonfirmasi rumor tersebut.

  32. RANOV said

    BOleh gabung kaN MAS,,aku da di batam mo nanya referensi tentang teknik dasar aikido ada ga.dojo daerah batam kayaknya belum ada deh..terlalu jauh kalo harus latihan medan ato jakarta mslahya ku dah da istri.asli minat banget gw ma aikido.

  33. Agus said

    Mau tanya, untuk teknik nage(jatuhan sambil melayang), bagaimana cara melakukannya yg benar?apakah posisi badan menghadap ke samping atau ke depan? koq rasanya sulit utk dilakukan dan takut cedera.

  34. eni indriani said

    apakah ada cabang aikido di kota mataram NTB?
    karena saya benar2 ingin belajar akan aikido.

  35. jaka kelana putra said

    wah aku udah ikut aikido pokoknya seru banget aku belajar aikido di dojo st

  36. gaguk said

    Di Malang tempat latihannya dimana saya, jam berapa… yg dekat2 dinoyo ada gak? makasih

  37. imanda said

    aku baru ikut satu kali latihan aikido. aku malu pas waktu dateng.g bisa ngelakuin teknik apa-apa.pas waku pemanasan aja banyak gerakan yang g bisa aku ikutin.gmana sih biar bisa.ternyata aikido tak semudah yang aku pikrkan…hhee..pengen tau lebih banyak tentang aikido, nyarinya dmana y?nyari d google susah..hhoo

  38. juna said

    Teman2 sperguruan. I’m coming.
    Saya udah pengen latian nih.
    Tangan udah gatel smua.
    Cuman mau bilang”Klo latian aikido jangan bosen2″ krn teknik aikido hanya itu2 saja. tetapi dari teknik yang itu2 saja akan muncul pengembangan teknik aikido yang bermacam2.
    Salam saya dari Samarinda nun jauh di mato untuk SHIZEN DOJO MALANG.
    Terimakasih saya ucapkan buat Sensei Yohan,Sempai edy dan teman2 senior lain yang sudah memberikan waktunya untuk melatih teman2 yunior.

  39. Hadi Wahono said

    wah lama nggak latihan, jadi pingin kembali ke suasana latihan nih, Keep On Practice, Arigato

  40. hengky lesmana said

    hai juga temen2 seperguruan,
    weiittss…jangan pengen latian cuman di website aje, yuuk maree dateng ke dojo lagi my bro. Kang Juna & Kang Hadi piyee kapan dateng ke dojo ditungguin loh. Get The Spirit!!

    @Imanda : jangan malu untuk berlatih, tenang aja banyak temennya yang bersedia membantu dalam berlatih aikido. dengan kesabaran & latihan yang tekun pasti membuahkan hasil.

  41. Tyo said

    Mau nanya tingkatan Aikido tu ada berapa?,tolong beri tahu nama-nama tekhnik dasarnya,saya mau mendownload tekhinik-tekhniknya lewat Youtube dan mau saya pelajari,karna saya baru belajar Aikido,saya orang Solo belajar Aikido di Institut Aikido Cemani Dojo…

  42. aldy said

    gue pengen bangat masuk aikido,tapi ya itu ganjelannay duit,habis mahal bangat.ada gak cara biar gue bs masuk aikido,tapibiayanya lebih murah

  43. aldy said

    gue di bekasi timur,tolong kasih solusi ya.thank u

  44. Indra said

    aikido bener2 top.
    saya dulu pernah berlatih di dojo sumbawa besar, dibawah asuhan Sensei Azis, beliau orang yg suaabar melatih.
    Salam hormat Om Aziz saya dulu murid Om sekitar thn 1992/93.

  45. Salam Aikidoka, @ Broer/Indra dan murid2 Sensei Azis yang baca atau numpang lewat silahkan hubungi saya di roysoedharma@live.com. Saya perlu info kontak person dojo sumbawa.

    Dojo YIA Malang ini termasuk cikal bakalnya dulu adalah dibawah pembinaan Azis Sensei.

  46. lie said

    salam kenal untuk semua dari dojo sumbawa.
    kebetulan saya adalah salah satu murid sensei A. Azis Sumbawa. beritanya kita mau pindah tempat dojo latihan. dojo (rumah) yang di seketeng dijual, latiannya di brang bara; tanggal 20 desember kita angkat-angkat tatami. sapa mau ikut ?

  47. Chika said

    Di gorontalo ga ada cab.buat belajar aikido ya?aq pengen belajar tapi ga ada dojo yang ngajarin aikido.

  48. hadi said

    Di Kediri Jawa Timur ada gak cab.buat belajar aikido ya?… aq pengen belajar tapi ga tau tempat dojo yang ngajarin aikido. tolong di jawab yaa….! Trims..

  49. Sigit Pambudi said

    di Jogja di mana ya yang ada dojo aikido?
    tolong di jawab,

  50. basithaoke said

    Cakra Sport Centre Dojo
    Plaza Cakra Kembang, Jl. Kaliurang Km. 5,5 No. 44 Jogjakarta

  51. AGUS RIZALDI said

    saya dulunya basic karate tertarik dengan bela diri Aikido sudah lama namun belum ketemu dengan dojonya di tempat saya tinggal.Apa Aikido membuka cabang di daerah terutama Kalbar. wassalam

  52. Robby said

    Aikido top jg..aq anggta Jujitsu gan..ilmu kan luas aq pngen blajar rileks dr aikido dan pngen prkelahian dlm ruangan smpit jg.:-)

  53. alif said

    aku pengen banget belajar aikido, di makassar ada gak ya dojo aikido? dmana bisa didapatkan buku ato referensi gerakan aikido dari tingkatan dasar samapi seterusnya?

  54. wahyu said

    kpada senpai” Aikido…..
    seandainya saya blajar dari video sama buku bisa gag ya?????
    soal’y d tmpat Q gag ad Dojo buat AikiDo….
    seandainya bisa belajar dari buku,,saya mohon bantuannya untuk memberi tahu bku apa yg cocok untuk pemula sperti saya……

    terima kasih……

  55. Yohan said

    Mas Wahyu….klo memang bisa belajar hanya dari buku…buat apa dididrikan dojo..ya kan.
    Ada hal2 dalam aikido yang ga bisa kita pelajari dari buku…
    Ibaratnya seorang pelukis….dia tidak akan pernah bisa melukis dengan indah jika hanya mempelajari cara melukis dari buku panduan…dia harus gambar banyak objek, di tempat yang berbeda2, dengan keadaan cuaca yang berbeda, penyinaran yang bermacam2, dengan gaya lukisan yang lain…sampai dia dengan penuh keyakinan menentukan style atau gaya melukisnya sendiri yang khas.
    kita harus asah terus bibit kemampuan kita….hanya ada 3 cara…latihan,latihan, dan latihan.

  56. mas,tingkatan sabuk tuh dari putih habis situ apa?

  57. abraham herdyanto said

    mas, maw tanya…
    sebenarnya dalam aikido,inti yang terpenting untuk mendalami aikido itu apa?

  58. anwar said

    aikido apakah bisa diterapkan di luar dojo?maksudnya untuk bela diri,,karena aikido yg saya tau tidak pernah dipertandingkan dan apakah steven seagal asli aikidoka?krn dia dlm film2nya selalu pake kaki dalam melawan musuhnya,,,mohon maaf kalo banyak tanyaa,,karena saya orang awan yg blm pernah bljar bela diri??makasih

  59. Haedarsalim said

    wahhh senang juga lihat aikido malang jadi semakin banyak peminatnya..kalau ada yang sempat main ke jakarta atau domisili jakarta silahkan ikut latihan di Dojo saya Aikido Pragas di Jl. Cik Di Tiro No.34 Cikiki Jakarta Pusat ( Wisma Mas Isman ) tlp.33401755. Setiap hari Senin dan Kamis jam 19.00 sampai selesai…style aikido masih sama dari dulu sampai sekarang yaitu Koichi Tohei …yang mau latih KI lebih jauh boleh singah gratis…hari ini saya ke malang jalan2 aja tapi bukan mau latihan aikido lho..sukses selalu buat aikido malang…

  60. saifur said

    di semarang ada tempat pelatihannya???

    saya berminat.

  61. Gray said

    kalo belajar akido sendiri lewat internet bisa gak ya soalnya di bangka belitung tepatnya di pangkalpinang gak ada bela diri akido padahal tertarik banget ikut akido

  62. kevin said

    boleh nanya kalo aikido yg dewasa tuh minimal brp tahun ya?

  63. destri said

    kalo untuk daerah cikampek dimana tempat latihannya? aku tertarik

  64. sensei dan sodara2 shizen smua, aq gi atur jadwal, doain bs cepat gabung latihan ya…
    krn dah lm g latihan mw mereview materi mulai dari awal lagi (white belt kyu 6)
    mhn dbantu, onae gozaimashita

  65. ahsan said

    saya pengen ikut seni bela diri ini, tapi saya tidak tahu cabang di kediri itu dimana…

  66. rochman arif said

    yang latihannya hari minggu ada ga? soalnya saya mengajar di smp dan smk dari jam 6 pagi sampai 6 sore

    terus kalau mau buka cabang di sekolah bagaimana caranya? SMPN 5 Malang dan SMKN 4 Malang

  67. faqih said

    kalau yang dimalang,,laithanya di aula museum brawijaya (ijen)

    jadwal laithan, senin,kamis,jumat jam 4 – 7 mlam

  68. Rian said

    Kalo di bogor yg latihannya cuma hari minggu aja, ada ga? berhubung saya kerja senin-sabtu.. kalo ada dimana yah?

  69. Mukhlis said

    Kalo mau daftar Aikido di Malang itu kira2 dimana & kira2 berapa…???

  70. Nur Wahid said

    mhn info tmpt latihan aikido di makasar sulsel..trmksh…

  71. aditya said

    yang domisili banjarmasin…… udah ada tuh dojo aikido di banjarmasin… latihan malam selasa dan malam kamis pukul 19.30 – 21.30wita

  72. aditya said

    bagi teman-teman yang mau ikut aikido tapi gak tau tempatnya bisa cari di http://WWW.iai-dojo.COM...
    *mudah-mudahan ada dikota domisili anda semua….

  73. subangkit said

    mas kalau di surabaya di mana y….??

    perkenalkan nama saya subangkit saya ingin sekali belajar beladiri ini ……..
    balas y mas admin

  74. satya said

    saya di malang, apa untuk jadwal dan tempat latihan masih tetap senin pkl 16.30 di museum brawijaya?

  75. sujik said

    di musium tdk ada sekarang di Jl. Sulfat sebelah masjid

  76. satya said

    o, di gedung sebelah masjid?
    untuk jadwal latihan?

  77. Ediz Resmi Web Sitesi…

    [...]MENGENAL TEKNIK-TEKNIK AIKIDO « Komunitas Aikido Kota Malang[...]…

  78. basitha said

    @satya: latian tetap di museumbrawijaya, jam latian juga masih tetap mulai 16.30

  79. Pretty great post. I simply stumbled upon your weblog and wished to mention that I have really loved surfing around your blog posts. In any case I?ll be subscribing for your rss feed and I am hoping you write again very soon!

  80. tya said

    @juna.
    Mau tanya donk tempat latihan aikido di Samarinda dimana?

  81. Poso said

    Tolong dongg senseiii…
    Kalau bisa perguruan aikidox dibuka jg di daerah sulteng(poso).
    Banyak ni peminatx termasuk saya
    hehe
    tolong yaCch senseii…

  82. khairul anwar said

    Maaf… boleh ikut gabung ya,
    saya mau tanya apakah dibalikpapan (kalimantan Timur) ada dojo aikido. karena saya sudah lama tanya2 tapi sampai sekarang belum dapat infox. mohon bagi yang tau untuk kasih kabar ke saya. terima kasih… soale kayax saya juga ingin belajar & memperdalam teknik2 aikido.

  83. Sugab said

    alhamdulillah setelah mendaftar beberapa hari lalu, kesan pertama latihan sangat membikin ketagihan dan ingin mencobanya lagi dan lagi…semoga bisa tetap istiqomah, terima kasih untuk pak kik pak edi dan tema teman di shizen dojo malang

  84. Wawan said

    Saudara,
    Mohon sosialisasikan Aikido di Bali.Disini perlu sekali yang namanya beladiri untuk ketenangan diri bukan demi menjajal ilmu semata…

  85. khadafi said

    aku pengen belajar bela diri aku mau jadi yg terbaik bila di perlukan. bisa gx ya aku belajar lewat internet

  86. vito dwi said

    di kota madiun ada DOJO gak ya?

  87. MAY said

    USIA 47 TAHUN BISA IKUTAN AIKIDO NGGAK YA…? RUMAH KAMI DI DAERAH CIJANTUNG JAKARTA TIMUR, DIMANA TEMPAT LATIHAN AIKIDO YANG PALING DEKAT?

  88. galih said

    pak,ada penjelasan khususnya gak hubungan antara teknik aikido ama biomekanika,buat tugas kuliah.terimakasih

  89. agus said

    Dimana alamat beladiri aikido disamarinda kaltim?. Sdh lama pengen ikut beladiri aikido

  90. Juna said

    Buat mas agus yg di smd, klo mau belajar ato ngobrol aikido bisa hub. Sdr wiwid di no 081230904221. Mudah2an beliau masih tugas disana. Terimakasih.

  91. collin giovanni said

    Kalau disamarinda Dojo Aikido nya ada gak? Coba bikin di Samarinda, mintanya lumayan kayaknya.. Saya juga tertarik buat memperdalam ilmu aikido tp di Samarinda belum ada tempatnya sepertinya..

  92. collin giovanni said

    kalau ada tempat latihannya di Samarinda, tolong info detailnya.. saya minta ikutan..

  93. sapto d n said

    Maaf mas,kalau bisa buka cabang di kalimantan tengah,supaya saya lebih bisa mendalami aikido dan peminat disini banyak mas.maaf dan terimakasih.

  94. Aguara said

    Aikido di samarinda belum ada ya? Kapan nih adanya?

  95. I just like the helpful info you supply on your articles.
    I will bookmark your blog and take a look at once more right here frequently.
    I am slightly certain I will learn a lot of new stuff right right here!
    Good luck for the following!

  96. hidori said

    Oh akidoko ada g dibali

  97. Rizki intan said

    Di madiun ada gak tempat latihan aikido?
    Pengen ikutan soalnya :D

  98. chandra said

    dimana dojo aikido di daerah surabaya atau sidoarjo?

  99. fatimah said

    hai..!! aku cewek, umur 12 thn, aq pengen bisa belajar aikido ini… apa ada tempat latihan di SOLO…??

    mohon jawaban nya

  100. batul rahnavard said

    dojo aikido di bogor kira” dimana ya? kalo tau minta alamatnya..makasih ^^

Leave a Reply

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.