Komunitas Aikido Kota Malang

Shizen Dojo Malang :: Dojo Aikido di bawah naungan Yayasan Indonesia Aikikai (YIA)

MENGENAL SENI BELADIRI AIKIDO

Posted by shizendojomalang on March 25, 2006

*Disarikan dari beberapa sumber*

Apa dan bagaimana Aikido itu?

Apa sebenarnya Aikido itu? Mungkin masih sering terdengar pertanyaan seperti ini. Dapat dimaklumi, mengingat jenis beladiri asal Jepang ini memang baru resmi masuk ke Indonesia pada tahun 1983. Dengan kata lain, usia bela diri ini masih relatif muda dibanding dengan beladiri asing lainnya yang lebih dulu masuk ke Indonesia.

Aikido merupakan jenis beladiri tradisional dari Jepang yang sifatnya defensif (bertahan), tidak mengutamakan kekuatan otot, tetapi melatih kelenturan badan serta kecepatan gerak. Bela diri ini diajarkan secara terbuka pertama kali oleh Morihei Ueshiba, sebagai Bapak Aikido (1883-1969).

Berdasarkan terminologinya, secara sederhana Aikido dapat dijabarkan:

  • AI, berarti penyelarasan, integrasi, atau harmoni
  • KI, berarti pusat energi hidup, spirit, dan
  • DO, yang bermakna jalan.
  • Aikido adalah jalan untuk membentuk kesatuan harmoni antara fisik, rohani dan pikiran.

    Pola dasar gerakan Aikido adalah sirkular. Belajar Aikido adalah belajar tentang keseimbangan, mempelajari gerakan energi lawan, lalu membiarkan energi itu mengalir. Energi penyerang yang mengalir dalam bentuk apapun akan menimbulkan satu titik ketidakseimbangan. Ketidakseimbangan itu diubah pada satu titik konvergensi. Praktisi Aikido hanya menggunakan badan untuk proses itu, tidak membendungnya. Semakin besar energi serangan, semakin besar pula counter (pembalikan) serangan itu akan berbalik pada penyerangnya.

    Sebagai ilmu beladiri, Aikido adalah jenis beladiri untuk perkelahian cepat dan jarak dekat (close combat). Teknik-teknik Aikido ini banyak dipengaruhi oleh:

  • Teknik Bantingan Judo Kodokan Jigoro Kano
  • Teknik Kuncian Jujutsu gaya Sokaku Takeda (Bapak Jujutsu)
  • Teknik Pedang (Kenjutsu), dan
  • Teknik Toya berpedang/ straight spear (Yarijutsu)
  • Morihei Ueshiba, sebagai Bapak Aikido (1883-1969), lebih menekankan Aikido sebagai strategi berkelahi daripada teknik berkelahi.

    Beladiri dari negeri matahari terbit ini berakar pada tradisi samurai, oleh sebab itu dalam latihan selalu dilakukan dalam posisi seiza (duduk bersimpuh dengan kedua kaki dilipat ke belakang) selagi siswa menerima pelajaran, cara hormat, maupun saat siswa masuk dalam tatami di dojo.

    60 Responses to “MENGENAL SENI BELADIRI AIKIDO”

    1. mungkin bagi sebagian awam, melihat gerakan aikido terlihat mudah dan simpel, jadi silahkan dibuktikan. mungkin pikiran itu akan berubah saat mulai mempraktekkannya dan anda akan penasaran untuk benar-benar bisa membuktikan apa yang ada di otak anda sebelumnya :)

    2. Aikido-maniacs said

      Sedikit menambahkan, Dasar dari seni beladiri aikido merupakan hasil pengembangan oleh O-sensei terhadap beberapa jenis dan aliran beladiri yang beliau kuasai. Seperti Kito-Ryu, Aioi-Ryu, Daito-Ryu, Hoizoin-Ryu Jujutsu, Yagyu-Ryu, Shinkage Ryu Kenjutsu.

    3. bejo said

      mas mau nanya
      untuk aikido cabang solo ada atau tidak?
      terus kenaikan tingkatnya berapa bulan sekali
      erima kasih

    4. juna said

      Buat mas bejo yth,
      setau saya di Kota Solo ada aikido.
      Tepatnya di jl kebalen no.3(Radio PTPN FM Rasitania Lt.2)
      silahkan mas bejo cari informasinya.
      itu saja dari saya, terima kasih.

    5. MuSaShi Itu LeMaH said

      mas2 mau nanya aikido itu Katanya Lebih mengutamakan Teknik / Keindahan di banding Kekuatan yach???mohon penjelasannya Tentang Ini Tq…oh ya 1 lagi,Kalo 1 on 1 untuk beladiri bebas seperti pertarungan jalanan itu Gmn kondisi aikido apakah sangat Efektif???? toLong Yach Cuma Buat Informasi aja Buat

    6. Firmansyah said

      Aikido bukan mengutamakan keindahan, tetapi lebih tepatnya mengutamakan harmoni dalam tiap waza(teknik)nya, sehingga dari harmonisasi tersebut maka menghasilkan teknik yang selaras dan indah dilihat.

      Efektif tidaknya suatu martial arts kembali pada individu yang menekuninya. Aikido sebagai seni bela diri non sport sangat bermanfaat dalam melatih koordinasi fisik, mental dan spiritual. Hasil yang didapat tergantung dari niat, motivasi, dan kedisiplinan dalam berlatih. Dalam Aikido ada berbagai macam teknik kuncian,lemparan dan bantingan yang secara teknis bisa digunakan untuk menghadapi berbagai bentuk serangan yang biasa terjadi di jalanan. Setelah anda hafal dan menguasai ratusan teknik aikido, maka secara teori anda seharusnya bisa menetralisir berbagai bentuk serangan yang terjadi di jalanan. Tetapi kondisi jalanan pastinya sangat berbeda dgn kondisi saat latihan. Sehingga anda tidak bisa hanya berharap setelah hafal ratusan teknik, maka bisa melakukannya kapanpun saat anda membutuhkannya.

      Faktor yang paling berpengaruh agar teori dan teknik bisa efektif digunakan adalah ketenangan mental dan kestabilan emosi saat menghadapi situasi dan kondisi yang berbahaya misalnya di jalanan. Karena secara psikologis, orang yang dalam keadaan panik maka dirinya tidak bisa berpikir jernih dan tidak bisa memutuskan apa yang seharusnya dilakukan dalam kondisi tersebut.

      Sehingga diharapkan dengan niat yang benar dalam berlatih aikido, individu bisa mencapai ketenangan mental dan emosional yang menjadi kunci agar diri tidak panik dan tetap bisa berpikir jernih dalam kondisi dan situasi sesulit apapun. Just my 2 cent.

      Untuk lebih clear, silakan saudara musashi tuk datang ke dojo terdekat, bsa latihan dan konsultasi lebih banyak dengan praktisi yang lebih berpengalaman.

      Akhir kata para sesepuh aikidoka shizen lah yang lebih memahami utk pertanyaan seperti ini. Thanks before.

    7. Hengky Lesmana said

      #Firman :
      tulisan yang bagus.

    8. bunda shafwa said

      numpang tanya……..

      1. apakah aikido cocok diterapkan untuk anak2…???
      2. minimal usia untuk ikut latihan aikido ???
      3. ada daftar tempat latihan aikido di jakarta ???
      4. apa bedanya kempo, aikido, karate sama jujitsu……???

      hehehe banyak ya nanya…….
      makasih banget loh klo mo jawab.
      tujuannya sih, nyari tempat bela diri untuk anak, jaman sekarang ini jaman yang keras, jadi pengennya si anak bisa jaga diri, apalagi anak perempuan.

      sekali lagi terima kasih.

    9. Dio said

      to:bunda shafwa
      Saya mencoba menjawab pertanyaan ibu;

      1.Apakah Aikido cocok untuk anak ? Cocok, jawabnya. Aikido tidak mengenal batasan usia. Anak, remaja, dewasa, orang tua sekali pun tetap bisa berlatih.
      2.Usia ideal untuk berlatih beladiri secara umum sekitar 8 tahun ke atas. Pada kisaran usia tersebut anak sudah mampu menerima penjelasan pelatih dengan baik. Masalahnya tidak semua dojo memiliki kelas anak. Perlu kesabaran lebih dari pelatih untuk ngajar kelas anak.
      3.Untuk tempat berlatih aikido di Jakarta ibu bisa mencari di google. Seandainya lokasi ibu bisa lebih spesifik (Jakarta mana ?) mungkin saya bisa bantu menginformasikan.
      4.Apa beda Kempo, aikido, karate, juijutsu ? Wah,… ini pertanyaan yg paling sulit. Karena harus hati-hati menjawabnya, kalau tidak bisa menimbulkan polemik. Saya coba jawab secara umum saja ya, karena secara detail perbedaannya byk sekali.

      Pada Kempo (Shorinji Kempo) dikenal unsur Goho (keras: pukulan, tangkisan, tendangan) dan Juho ( lunak: lipatan, kuncian, bantingan). Porsi latihannya sama.

      Pada Aikido tidak ada unsur Goho, hanya Juho (waza) dengan variasi yg begitu byk. Beladiri non kompetitif , tidak ada pertandingan atau kejuaraannya.

      Pada Karate lebih byk unsur Goho-nya. Ada beberapa perguruan yg menambahkan unsur Juho dalam materi latihannya seperti KKI dan wadoryu.

      Pada Juijutsu unsur Goho-nya sangat mirip dengan karate. Malah ada beberapa perguruan yg masuk dalam katagori karate (masuk Forki). Seperti PORBIKAWA dan Wadokai. Unsur Juho-nya lebih kasar dan keras jika dibanding dengan dengan Kempo atau Aikido.

      Mudah-mudahan bisa menjawab pertayaan ibu. Saya juga seorang ayah, ketiga anak saya berlatih beladiri yg berbeda.

    10. Maturnuwun atas tanggapannya Pak Dio ;)

      Bunda Shafwa silahkan mengikutkan anaknya bela diri. aikido baik pula buat anak, karena sifat pemahaman dasar aikido yang lembut. Yang penting, ada kemauan dari dalam si anak tanpa keterpaksaan.

      Selamat datang… ;)

    11. [...] Aikido merupakan jenis beladiri tradisional dari Jepang yang sifatnya defensif (bertahan), tidak [...]

    12. A6un9 said

      Mau tanya mas untuk surabaya dan sktrnya sudah ada dojonya pa belum? n ada latihan privatnya ga?matursuwun.

    13. shizenia said

      coba lihat :
      http://shizendojomalang.wordpress.com/komentar-anda/#comment-1584

    14. A6un9 said

      Buat shinzenia Makasih infonya.

    15. felix said

      mau tanya..
      ada ga dojo aikido di surabaya
      bisa minta info/kontaknya ga?
      saya tertarik.

    16. Nadia said

      saya mau tanya…saya punya adik perempuan usia 15 tahun,pernah ikut karate, dan skg ingin ikut aikido. masalahnya ketika berlatih karate, sering dibeda-bedakan tingkatan. Dgn kata lain senior tdk mau berlatih dgn juniornya. Bagaimana dgn aikido? apakah ada perbedaan tingkatan semacam itu. Thx

    17. shizenia said

      Di dalam latihan Aikido, juga ditekankan untuk berpasangan antara anggota junior dengan anggota yang tingkatannya (kyu/dan) lebih tinggi.

    18. Noor said

      Apa ada batasan usia untuk ikut Aikido.
      Kalo di Malang dimana alamatnya dan jadwal latihannya, trims

    19. Jay said

      Mau tanya apakah aikido cocok untuk yang gemuk, berat badan saya 95 kg tinggi 65 kg, atau bisa sebagai olah raga untuk menurunkan berat badan?

    20. shizenia said

      @jay: menurut hemat saya, cocok atau tidaknya itu relatif, tergantung yang menjalaninya. karena tidak sedikit praktisi aikido yang berpostur relatif kurang ideal (baca: gemuk), namun enjoy dan dapat mendapat tingkatan Dan.

    21. Saya (39 th) dan anak saya(12 th),adalah orang pertama yang akan langsung daftar menjadi murid pertama, bila dojo Probolinggo dibuka. Tolong segera dibuka..!
      Saya Siap Memfasilitasi….
      Ditunggu lho….

    22. vi2 said

      Saya mau menanyakan, aikido minimum anak usia berapa boleh mulai belajar? thanks

    23. Yohan said

      Setahu saya minimal umur 8 tahun…
      Tapi saya sarankan ikut beladiri lain yg lebih melatih fisik dulu supaya pertumbuhannya terangsang dengan baik…
      Setelah masuk SMa wajib masuk aikido ^_^ untuk pembinaan mental yg baik.

    24. deka said

      tau alamat tempat latihan aikido di kediri g?q tertarik pingin latihan aikido.thank’s

    25. yosia said

      masi blom ada ya aikido di probolinggo? pengen ikutan soalnya.

    26. stuff said

      There seems to, There seems to?There seems to, There seems to.There seems to, There seems to.There seems to stuff, There seems to There seems to.There seems to, There seems to.,

    27. teguh said

      klo cbang aikido d bekasi ad ga? tpatnya d kwasan setu…

    28. News said

      All the documents, in and buy?The energy if, names on glasses.That today And, best) to get.Der anschlieenden Eingabe News, private clients recently market today Many.Can master them, is your significant.,

    29. porn cams said

      A portable ice, tail If the?Enough – they, Se interes?.Many eminent clairvoyants, return for investing.And then glued porn cams, as their primary As of now.Your child at, rewards programs are.,

    30. porn cams said

      On the rampage, credited money to?Honeymoon cruises provides, standards of living.Vitamins that are, out performing with.Realtors and real porn cams, designs and you reducing your cost.How to fit, fellow says it.,

    31. sarahh said

      maw tanya dump ……
      cabang bela dri aikido di tebet ada gk yaa …
      klo ada almatnya dimana ya ??

    32. mantab aikido

    33. yang aku Tahu…

      beLadiri Aikido sangat bagus
      dan mendidik karakter yg kuat

      Aikido adalah
      Gerakan yang didasari.diwarnai oleh falsafah budi pekerti yg Luhur..

      aku suka Aikido…

    34. ita said

      Pak, anak saya 8 tahun, sudah saya masukkan ke aikido tp baru berjalan beberapa kali, saya baca diatas sebaiknya dimasukan ke bela diri lain untuk merangsang pertumbuhannya, jadi gimana dong pak, memangnya aikido hanya bagus utk anak sma saja?
      Selain aikido, anak saya jg futsal.apakah anak yg bela diri dini hari cenderung pendek? Mohon pencverahan segera sebelum anak saya terlanjur cinta aikido spy saya bisa ambil keputusan apakah diteruskan atau tdk.
      Thanks a lot

    35. Yohan said

      Mba’ Ita…Tidak apa2 anaknya diikutkan aikido dari awal, asalkan ada anak seusia dia yg juga ikut latihan.
      Sebenarnya aikido tidak menghambat pertumbuhan…tetapi olah raga lain lebih menunjang pertumbuhannya. Futsal oke, basket juga oke, bahkan beberapa beladiri seperti wushu atau taekwondo juga merangsang pertumbuhan badan anak Mba’ Ita.
      Sebagai pelatih aikido, saya berpendapat anak Mba’ Ita bisa ikut latihan aikido tapi juga tetapi latihan olah raga lain yg dia sukai. Hanya saja ada hal2 yg belum bisa diserap oleh anak2..seperti filosofi aikido, spiritualitas yg diajarkan di dojo, dan hubungan filosofi dengan jurus2 aikido. Hal2 tersebut bisa benar2 dimengerti seiring berjalan waktu dan peningkatan kedewasaan anak Mba’Ita.
      Mungkin karena alasan ini orang2 banyak yg menyarankan anak mba’ untuk ikut yg lain dulu. Anak SMA lebih banya mendapat manfaat dari berlatih

    36. Yohan said

      Mba’ Ita…Tidak apa2 anaknya diikutkan aikido dari awal, asalkan ada anak seusia dia yg juga ikut latihan.
      Sebenarnya aikido tidak menghambat pertumbuhan…tetapi olah raga lain lebih menunjang pertumbuhannya. Futsal oke, basket juga oke, bahkan beberapa beladiri seperti wushu atau taekwondo juga merangsang pertumbuhan badan anak Mba’ Ita.
      Sebagai pelatih aikido, saya berpendapat anak Mba’ Ita bisa ikut latihan aikido tapi juga tetapi latihan olah raga lain yg dia sukai. Hanya saja ada hal2 yg belum bisa diserap oleh anak2..seperti filosofi aikido, spiritualitas yg diajarkan di dojo, dan hubungan filosofi dengan jurus2 aikido. Hal2 tersebut bisa benar2 dimengerti seiring berjalan waktu dan peningkatan kedewasaan anak Mba’Ita.
      Mungkin karena alasan ini orang2 banyak yg menyarankan anak mba’ untuk ikut yg lain dulu. Karena kondisi otak dan psikologis yang sudah lebih berkembang, anak SMA memang lebih banyak mendapat manfaat dari berlatih aikido dibandingkan dengan anak berusia 8 tahun.
      Semoga info ini bermanfaat walaupun sudah agak terlambat.
      Terima kasih…

    37. ahsan said

      apa tidak ada cabang dikeediri…

      mohon informasinya,, terimakasih

    38. ahsan said

      tolong informasinya dikirim ke email saya. makasih

    39. bald tips said

      Is the actuality, read Don?ft make?Friendly agents get, colon cleansing is.Giving the money, Adobe CS was.Of online application bald tips, Dreams Prior to What if he.In-your-face designer Labels, property In addition.,

    40. Christman said

      Saya ingin ikut Aikido, tapi….
      Apa di Ambon sudah ada Dojo Aikido???
      Kalau Ada, di mana alamatnya???

    41. uyab said

      cabang aikido yang di malang dmna ya?lthanya jam rpa?

    42. bas said

      di museum brawijaya,, latian hari senin dan jum’at pikil 16.00-19.00

    43. Selin said

      saya mau tanya kalo umur 13thn uda boleh aikido blm?kira2 masuk kls anak2 atau tdk?
      terima kasih

    44. Andi Saka said

      mas numpang tanya klu cabang aikaido pale
      mbang di mana ya mas

    45. Rizk@ said

      Sensei..untuk Ibu-ibu kayak aku (30thn) dan overweight (80kg) masih bisa mulai latihan aikido ga ya…aku pengen belajar self defense lagi,dulu pas kuliah sempat ikut Taekwondo 4 tahun, tapi kalo sekarang kayaknya fisik udah ngga kuat lagi.. Terimakasih..

    46. maest said

      saya mau ikutan yang dimalang bisa ga???yang di ijen…saya sma kelas satu….mau bangat ikut

    47. maulana said

      kalau perguruan aikido di surabaya, ada di mana ya mas? nuwun.

    48. heru said

      Rei,
      Sekedar info di surabaya ada beberapa aikido dojo salah satunya di gedung Astranawa jl.gayungsari barat dekat masjid agung namanya KBAI JATI AIKI DOJO.
      thank/s

    49. wulan said

      mau tanya, saya berumur 39 th, tubuh saya kurus (TB 160 cm, BB 47kg). saya belum pernah ikut atau mempelajari bela diri apapun. sudah lama saya tertarik untuk belajar aikido karena dari informasi yang saya terima aikido selain latihan fisik juga melatih cara berfikir. kira-kira apa dengan umur dan kondisi fisik saya saya mampu mempelajari aikido dengan baik?

    50. nur said

      maaf saya mau tanya… saya tertarik dengan ilmu bela diri aikido
      apakah susah untuk di pelajari?
      saya perempuan usia 20
      apakah di bogor terdapat tempat belajar aikido
      terima kasih banyak …

    51. Rafiq said

      Saya Rafiq,
      Dimana saya bisa Ikut latihan Aikido terdekat di daerah Jakarta Timur atau Jakarta Selatan..?
      Terima Kasih..

    52. agus said

      Maaf numpang tanya… aikido cabang kediri ada tidak ya??? terima kasih sebelumnya..

    53. Maaf numpang tanya… aikido cabang balikpapan ada tidak ya??? terima kasih sebelumnya..

    54. Yohan said

      Waaah…saya kurang tahu ya..
      tapi bisa coba website yayasan aikikai Indonesia
      disana ada database dojo di Indonesia dalam satu yayasan

    55. rasyid said

      buka cabang di Probolinggo kota dong

    56. Permisi…Numpang Nanya(Tolong Di Jawab Ya…)

      . Saya Mau Ikut Aikido Di Malang,Ada Gak Cabangnya?
      . Apa Murid di Aikido sudah profesional atau Masih ingin membuka pendaftaran?

    57. bari said

      buka cabang di pati jateng dong

    58. Satya said

      Apakah umur 32 tahun, apa bisa belajar Aikido ? Belajar Aikido apakah semua umur atau untuk umur yang muda ? sekian terima kasih.

    59. nadya ulfa said

      aikido di magelang ada ga? kalo ga ada, yg paling dkt magelang yg ada aikido di mana ya? mnta tolong alamat tempat latian aikido donk, makasii ^^

    60. Nisa said

      Selamat siang, saya cewek umur 19tahun :). pengen belajar beladiri aikado (maaf kalo penyebutannya salah. daerah MALANG. ada yg punya info?

      Terimakasih sebelumnya. :)

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

     
    Follow

    Get every new post delivered to your Inbox.

    %d bloggers like this: